Follow Us @soratemplates

Thursday, May 11, 2017

Pengalaman Seleksi Penerimaan Pegawai BTN

Haaaaaaay!
Kali ini saya mau cerita pengalaman pribadi saya mengikuti seleksi penerimaan pegawai BTN tahun 2016 untuk posisi BSS (Bussiness Suport Staff) Grade 9 untuk penempatan wilayah Sumatera. Waktu itu tau ada lowongan dari temen, jadi iseng aja daftar. Karena waktu itu saya baru wisuda, jadi ya belum megang ijazah sama sekali. Cuma bermodalkan Surat Keterangan Lulus doang. 



Waktu BTN buka lowongan, ada beberapa posisi yang ditawarkan; frontliner, sekretaris dan BSS ini. BSS ini juga ada grade nya, ada yang 9 dan 11. Waktu itu saya ga ngerti juga itu grade maksudnya apaan. Terus udah neken apply di BSS grade 9 untuk rekrutmen Padang, eh tau nya pas di scroll ada grade yang lebih tinggi grade 11. Parahnya, ga bisa apply 2 lowongan dalam satu akun dan ga bisa batalin juga apa yang udah di apply. Jadi yaudah deh.. bodo amat. Emang niat kerjanya belum tinggi kali ya, baru juga 2 hari after wisuda, jadi ga panik-panik banget pas salah apply haha.

Singkat cerita, saya lulus tes adm dan disuruh datang ke venue tes selanjutnya (performance test dan wawancara) dengan bawa berkas dan data diri yang disediain BTN nya, kita tinggal print dan isi sendiri. Data dirinya sih saya tulis tangan, ada juga beberapa orang yang ngetik data dirinya. Niat saya belum sekuat itu kayanya haha. Peserta juga diwajibkan menggunakan pakaian bawahan hitam atasan putih, sepatu pantofel. Karena saya berjilbab, saya pake jilbab warna hitam. Ga ada ketentuan khusus juga kayanya untuk jilbab, karena di venue saya liat jilbab peserta lain ya warna-warni aja sih haha.

Di venue, saya disuruh nunggu untuk giliran wawancara. Wawancara nya seputar diri kamu, dan beberapa yang kamu ketahui tentang BTN. Jadi saran saya, baca-baca dikitlah mengenai BTN ini, masa kita mau kerja disana gatau apa-apa tentang BTN nya. Temen saya sih ada yang ditanya ada yang engga, jadi ya be ready aja. Kelar wawancara, saya disuruh nunggu lagi untuk antri foto seluruh badan. Disana kita disuruh foto per 5 orang, dengan latar belakang lakban hitam, kayanya sih yang lulus harus lewat itu garis hitam. Untuk ngukur tinggi juga.

Setelah nunggu beberapa minggu (lupa sorry), keluar lagi pengumuman tes nya, biasanya dikasih tau lewat sms untuk cek web nya. Lulus ga lulus kita PASTI di sms. Jadi jangan geer dulu ya haha. Saya lulus tes performance nya, dan lanjut tes berikutnya : Psikotest. waktu itu peserta nya sisa 80an dari 200an. Gila banyak banget ya yang di cut. Entar dikasih tau disuruh bawa alat tulis dan pas foto. Psikotes nya dari jam 8 pagi ampe jam 3 sore, gila deh saya nahan laper banget ga ada istirahat makannya. Jadi yang mau pergi tes, sarapan dulu ya. Soal psikotes nya juga banyak kok di internet, kaya psikotes kaya umumnya. Silahkan google aja ya. Untuk pakaiannya, sama kaya tes awal, hitam dan putih.

Disuruh nunggu lagi beberapa minggu, keluar deh pengumumannya. Saya lulus tes psikotes dan disuruh ke Semen Padang Hospital untuk tes kesehatan. Sisa 25 peserta untuk tahap ini. Di periksa semua mua nya. Untuk pakaiannya sih bebas rapi. Pake aja baju yang gampang dibuka pasang, karena bakal ribet buka tutup bajunya.

Nunggu lagi beberapa minggu, ternyata saya lulus tes kesehatan dan disuruh datang ke BTN cabang Padang untuk interview direksi. Ini rangkaian tesnya yang terakhir. Sisa peserta 24 orang. Dress code hitam putih rapi, dan diminta bawa berkas-berkas asli. Deg-degan parah sih. Saya di interview dengan kepala cabangnya langsung, satu persatu di dalam ruangan bapak tersebut. Saya di interview lumayan lama, ditanyain skripsi, ilmu manajemen saya, teori-teori perbankan, teori manajemen, produk BTN dan tentang diri saya sendiri. Bapaknya nge interview saya pake English. Jadi, sebelum tes akhir ini, mending belajar lagi deh daripada cengo haha. Tapi temen saya ada yang ga ditanyain kaya saya, ada yang pake bahasa Indonesia aja, 10 menit kelar juga ada. Gatau deh gimana penilaiannya saya juga bingung. Yang penting be ready aja.

Disuruh nunggu lagi untuk pengumuman lulus apa ga nya jadi pegawai BTN. Tapi nunggu nya ga selama tes-tes yang lain sih. Keluar pengumumannya, yang diterima 10 orang aja. Cuma dikasih waktu 2 hari untuk siapin berkas dan semua muanya, karena langsung berangkat ke Jakarta untuk pendidikan.


Sekian dulu, semoga tulisan saya ngebantu temen-temen yang mau ikut tes. Kalo ada pertanyaan, bisa email saya. Semoga diberikan yang terbaik! God bless you.



-niasya-



1 comment: